Sabtu, 14 Februari 2009

Disebut hybrid dikarenakan mengukur Performance (what) dan Kompetensi (how). Dalam proses hybrid performance management terdapat prinsip-prinsip dasar yaitu :

1. Menjamin deployment 'what' dari perusahaan ke Individu dalam bentuk deployment dari KPI(Key Performance Indicator) dari company sampai ke Individu...secara sederhana dilakukan dengan menurunkan KRA (Key Result Area) menjadi KPI, selanjutnya KPI yang dilevel tersebut menjadi KRA level yang dibawahnya..dan seterusnya...sering muncul pertanyaan KRA ...dapat dari mana?didapatkan dari klarifikasi IKSF (Industrial Key Success Factor) dan CKSF (Company Key Success Factors)..pokok bahasan tersebut akan dibahas pada entry berikutnya mengenai strategic management.

2. Memastikan adanya komunikasi 2 arah antara Atasan dan bawahan ketika melakukan target setting (Plan), fase monitoring dan coaching Counseling (Do), Review (Check), prepare for next target (Action). dalam setiap siklus PDCA dari Hybrid PMS harus membahas dan mengkomunikasikan 'what/KPI' dan 'process/Competency'

3. Keterkaitan yang jelas antara What/KPI and How/Kompetensi...setelah melakukan review kinerja maka kita perlu mengeset target dan rencana pengembangan tahun depan. IDP didapatkan dengan mengkaitkan antara prioritas development, rencana karir (akan dibahas lebih detail di how to set up career path) dan job assignment yang harus dikerjakan.


4. Utilisasi What and How dalam sistem KeHRDan...antara lain sistem promosi, kompensasi/bonus & salary increase, career planning, development planning. Sistem Hybrid PMS adalah 'pisau' bermata banyak yang bisa digunakan untuk apapun di sistem KeHRDan...tetapi tidak bisa berdiri sendiri..karena butuh sistem insentif untuk melaksanakan secara efektif dan efisien..


Detail lanjutan mengenai prinsip dasar, aplikasi, framework, prasyarat implementasi, kesulitan dan tips cara melaksanakan Change Management-nya akan dibahas lengkap di Workshop Gratis "Hybrid Performance Management System" yang digagas oleh HR opensource dan Apindo Jatim. Join aja di Surabaya, 7 Maret 2009, 09:00 - 15:00...yang berminat bisa subscribe di hropensource@yahoogroups.com atau sdmlist@yahoogroups.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar